biologi : ciri-ciri makhluk hidup

1. Bergerak

semua makhluk hidup dapat bergerak. namun dalam prosesnya tersebut antara manusia&hewan dengan tumbuhan berbeda ;

pada manusia&hewan dapat bergerak bebas/berpindah tempat dengan sarana bantu untuk bergerak yang disebut alat gerak. alat gerak tersebut adalah sirip untuk berenang (cth: ikan mas), kaki untuk berlari (cth : manusia), dan sayap untuk terbang (cth: burung kolibri).

sedangkan,

pada tumbuhan dapat dibilang tidak terlalu bebas bergerak/ berpindah tempat karena pergerakan tersebut hanya dilakukan oleh sebagian tubuhnya saja sehingga tidak jelas terlihat adanya perpindahan tempat. cth : ujung batang bergerak ke arah datangnya cahaya, akar bergerak ke bawah menembus tanah/ke arah pusat bumi, dan daun putri malu akan menguncup jika disentuh.

2. Makan

makanan dan air merupakan kebutuhan yang mendasar dalam kehidupan manusia. makanan berfungsi untuk menghasilkan energi, membantu pertumbuhan, serta mengganti sel tubuh yang rusak. sedangkan, air berfungsi sebagai zat pelarut dalam tubuh/makanan tersebut.

setiap makhluk hidup mempunya cara yang berbeda-beda untuk mendapatkan makanan. antara lain seperti ;

tumbuhan hijau menyusun makanannya sendiri dari air dan karbondioksida/ CO2 serta dengan bantuan sinar matahari melalui proses fotosintesis. hasil fotosintesis berupa zat tepung dan zat gula. karena kemampuannya tersebut untuk membuat makanannya sendiri maka tumbuhan disebut sebagai makhluk hidup autotrof.

sedangkan,

pada hewan&manusia, tidak dapat berfotosintesis atau sejenisnya tetapi manusia&hewan mengambil/menggunakan bahan organik yang disediakan alam sebagai sumber makanannya, manusia hanya dapat mengolah bahan tersebut menjadi masakan tetapi tidak dapat menyusun bahan tersebut. oleh karena itu, hewan&manusia disebut sebagai makhluk hidup yang bersifat heterotrof.

3. Peka terhadap rangsangan

setiap makhluk hidup dapat bereaksi terhadap segala perubahan yang terjadi di sekitarnya. reaksi ini timbul jika ada rangsangan dari lingkungan, seperti : cahaya, panas, dingin, bau dari gas, sentuhan, gravitasi, rasa, dll. manusia dan hewan menggunakan indra untuk mengenali adanya rangsangan. cth : mata peka terhadap rangsangan cahaya, telinga peka terhadap getaran suara, hidung peka terhadap bau, kulit peka terhadap sentuhan/tekanan, dan lidah peka terhadap rasa zat.

sedangkan,

tumbuhan tidak memiliki indra seperti pada manusia&hewan, tetapi peka terhadap rangsangan. cth : ujung batang selalu menghadap ke arah cahaya, ujung akar peka terhadap gaya gravitasi, dan putri malu akan segera mengatup daunnya jika disentuh.

sifat mampu menanggapi rangsangan yang datang dari lingkungan disebut iritabilita.

4. Bernapas

bernapas disebut juga dengan respirasi. bernapas merupakan proses mengambil oksigen dari lingkungan dan mengeluarkan gas karbondioksida dari tubuh.

oksigen yang didapat dari bernafas tersebut berguna untuk mengubah zat makanan menjadi energi secara kimiawi, energi tersebut akan dipakai tubuh untuk beraktivitas.

pada manusia&hewan yang berhabitat di darat umumnya bernafas dengan paru-paru, sedangkan untuk yang berhabitat di air umumnya bernafas dengan insang, serta untuk jenis burung/aves biasanya bernafas dengan paru-paru yang disertai pundi-pundi udara untuk bernafas&menyimpan oksigen pada saat terbang. sedangkan,

tumbuhan bernafas menggunakan lentisel (lubang-lubang kecil pada batang) dan stomata (lubang-lubang kecil pada daun).

5. Tumbuh

tumbuh adalah penambahan ukuran tubuh yang tidak dapat kembali ke ukuran semula. makhluk hidup dapat tumbuh/bertambah ukuran dikarenakan penambahan jumlah dan pembesaran sel-sel penyusun tubuh. untuk bertumbuh tersebut, diperlukan makanan/nutrisi, karena dari makananlah makhluk hidup memperoleh zat penyusun tubuh dan energi. cth pertumbuhan : bayi -> anak-anak -> remaja -> dewasa -> tua (manusia), biji -> kecambah -> tumbuh perlahan-lahan hingga menjadi tumb. besar (tumbuhan).

6. Mengeluarkan zat sisa 

mengeluarkan zat sisa disebut juga dengan ekskresi. ekskresi sangatlah dibutuhkan karena jika kita tidak melakukan ekskresi itu akan menyebabkan terganggungnya kinerja tubuh dikarenakan zat sisa tersebut bersifat racun. cth : urin melalui ginjal, uap air dan karbondioksida melalui paru-paru (hidung), zat sisa makanan (garam mineral) melalui anus, air dan garam mineral melalui kulit berupa keringat (manusia&hewan) sedangkan, pada tumbuhan berupa karbondioksida dan uap air melalui lentisel serta stomata.

7. Berkembang biak

Tujuan berkembang biak adalah untuk melestarikan jenis makhluk hidupnya. makhluk hidup berkembang biak dengan berbagai cara, umumnya dibedakan menjadi dua, yaitu :

– kawin (seksual, generatif) : reproduksi dengan meleburkan sel sperma dan sel ovum/telur. cth : anak kucing yang dihasilkan dari sperma&ovum induk(ayah-ibu)nya.

– tidak kawin (aseksual, vegetatif) : reproduksi tanpa adanya peleburan sel sperma dan sel ovum/telur. cth : cangkok, stek batang, stek daun, umbi akar, umbi batang, umbi lapis, pembelahan diri, sambung pucuk, dan tunas.

8. Beradaptasi 

tujuan beradaptasi adalah untuk bertahan hidup di lingkungannya. cara bertahan hidup tiap makhluk hidup berbeda-beda. beberapa di antaranya adalah : teratai berdaun tipis&lebar untuk mempercepat penguapan sehingga tidak mati layu karena terlalu banyak air (habitat air), kaktus dengan daun berbentuk duri sehingga memperkecil penguapan, lumut berhirbenasi, unta menyimpan makanan berupa lemak pada punuknya sehingga tahan tidak makan dalam jangka waktu yang lama, dan pohon jati menggugurkan daunnya pada musim kemarau.

Posted on March 23, 2013, in lessons and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: