8 tips menghadapi ulangan

1. Jangan stress, rileks!

rileks? yap..coba deh kamu belajar dengan santai..”pelan-pelan tapi pasti” jangan cepat-cepat gak tau apa yang nyangkut di otak dan sampai kapan hafalan itu akan nyangkut di otak, alias lupa nya juga secepat kalian ngafalin .. memang sih, banyak hal yang bikin kalian ga rileks atau stress, tapi kalian harus tetap berpikir positif..bayangkan sesuatu yang baik akan terjadi jangan sesuatu yang aneh-aneh/buruk padahal toh..sesuatu yang negatif belum pasti terjadi.

cerita dikit ya berdasarkan pengalamanku, aku pernah ulangan matematika saat itu lagi bisa dibilang stress..karena aku merasa nilaiku mulai turun dan anak yang ranking 2 mengejar nilaiku..aku jadi kepikiran terus, jadinya? belajar gak bisa..adanya malah makin stress sendiri..hasilnya juga kurang memuaskan karena yang ranking 2 itu dapat nilai 97 sedangkan aku cuma 93 

2. Jangan notebook!

notebook? maksudnya? notebook itu maksudnya hafal mati..alias tiap kata dihafalin atau kita itu menghafalnya sama persis dengan yang ada dibuku, kita harus beri otak kita kesempatan untuk mengembangkan pikiran..jadi..jangan pernah terlalu menghafal materi bisa-bisa otak kita kelelahan dahulu.. coba deh “dimengerti” ..jika memang ada beberapa titik materi yang sangat perlu dihafal seperti nama ilmiah,dll coba buat mindmap, catatan mini (yang bisa kamu bawa kemana-mana, bukan untuk nyontek ya!) , atau jembatan keledai. jadi jika kamu merasa otakmu tidak kuat menghafal, jangan putus asa ya.. masih banyak kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan nilai baik , dan bisa mengerti materi pelajaran! cayo..¡¡

3. Otak juga butuh istirahat

bukan kita aja loh, yang butuh istirahat ..otak juga butuh..disaat kamu merasa otakmu udah ga konsen lagi sama pelajaran yang sedang kamu pelajari, atau kamu merasa otakmu pusing. coba kamu istirahat dulu (pejamkan mata, atau dengarkan instrumen musik sebentar) ..istirahatnya bukan main ya.. ! kira-kira 5-10 menit. setelah itu coba mulai lagi belajar..kalau masih pusing jangan kamu paksain menghafal coba ulangi beristirahat lagi, itu berarti otakmu sudah benar-benar kelelahan. tapi jangan kamu sengaja-sengaja ya istirahat terus😀

4.  Belajar setelah pulang sekolah + belajar pagi hari = hafal + mengerti

jangan pernah belajar lebih dari jam 8-9 ya.. jadi putuskan untuk tidur saat sekitar jam tersebut. tapi bangun pagi/subuh esoknya.. kenapa sih harus subuh? karena disaat itu (jam 4-5lebih) otakmu masih fresh ..tubuhmu juga, jadi lebih cepat otakmu menerima pelajarannya!

5. Say NO to SKS (Sistem Kebut Semalam) 

Jangan coba-coba ya SKS..karna tidak semua otak manusia itu mampu menerima pelajaran dengan waktu mepet alias besoknya ujian, lebih baik kamu belajar nyicil.. sedikit-sedikit misalnya 3 hari sebelum UH, 1 halaman tiap hari..kan lumayan ? jadi lebih pasti juga potensimu untuk mendapatkan nilai tertinggi dan menjadi yang terbaik!

6. Jangan menyontek apapun bentuknya!

nyontek dengan buat catatan di kertas digulung? nyontek teman? nyontek itu? nyontek ini?

jangan pernah coba-coba nyontek ya-_- karena sudah dosa ditambah nilai tidak pasti bagus, lagipula hasil nyontek mana bisa kita bangga yang ada dikejar-kejar rasa bersalah kalau kamu merasa ini gapapa dan kamu ga dikejar rasa bersalah? berarti kamu anak yang tidak tahu malu dong? #sinisdikit. mau jadi anak tidak tahu malu?

jadi, lebih baik gunakan otakmu sendiri ya. lagipula mencontek anak yang pintar juga belum tentu nilaimu ikut bagus, sepintar apapun dia, dia juga punya potensi untuk salah menjawab, atau dia sudah mengetahui kamu mencontek dan menjebak kamu kan dia pintar .

Kalau misalnya di tengah mengerjakan soal otakmu ngeblank..coba kerjakan soal yang lain, nanti setelah soal-soal yang kamu bisa kerjakan itu selesai kamu balik lagi ke soal yang belum kamu kerjakan, jika kamu memang sudah belajar benar-benar tentang itu, pasti tiba-tiba memorimu tentang itu akan muncul! dan hasilnya? semua terjawab!

7. Belajar keras + Doa = 100 atau 90+

well, ini udah terbukti ya. Jika kita belajar keras! bukan belajar setengah-setengah atau hanya mengandalkan latihan soal guru tanpa mau mengembangkannya atau tidak belajar materinya secara keseluruhan..Jika kita belajar begitu, kita harus imbangi juga dengan doa kepada Tuhan sesuai kepercayaanmu tentunya, Tuhan tahu kok kamu telah belajar keras..Tuhan pasti bantu🙂

8. Motivasi – Motavasi dari Ortu – Doa Ortu

Motavasi itu perlu, motivasi yang bagaimana sih? contohnya ya; kita ingin menjadi murid yang terbaik nilai akademiknya..membuat ortu bangga dan lainnya, itu semua akan membantu kita seluruh tubuh&otak/pikiran kita untuk turut berjuang demi mencapai hasil tersebut.

Motivasi dari ortu? pernah gak sih kalian dimotivasi ortu? pasti pernah! motivasi dari ortu tersebut tidak harus selalu dengan ortu kalian mengatakan seperti Wah, hebat kamu dek..bisa dapat 100, mama bangga banget sama kamu, pertahanin terus ya..dan sebagainya tapi bisa dengan misalnya ortu kita mempunyai pekerjaan yang baik dan demi mendapat pekerjaan/jabatan yang baik tersebut ortu kita pastinya berjuang..nilai berjuang inilah yang bisa memotivasi kita agar bisa menjadi seperti mereka atau bahkan lebih baik.

Doa ortu? apa itu perlu? perlu banget..Jadi setiap ulangan kita harus minta bantuan ortu kita dalam hal mendoakan kita, gak usah takut, malu, minder..masa cuma ulangan minta bantuan doa? eitss.. jangan salah loh, doa ortu itu juga berpotensi .

Posted on March 24, 2013, in tips and tagged , , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. amin Ya Allah …
    maksih udah share …
    untung aku buka laman ini jadinya aku bisa ngerti kalo stres itu bisa mempengaruhi nilai makasih ya …..
    Aku akan berusaha enjin hidup ini dan tetap berusaha keras dan terus berdo’a do’ain aku juga ya biar sukses selalu …
    #SalamLaman🙂

  2. typo lagi enjoy maksud aku

  3. Hmmm,urwel udah di ksh tau cra’y m0ga* bsa brguna bg qu dan smua 0rg..

  4. Azizah Alya R.

    Makasih banget tips nya 😃 tipsnya sejalan sama dugaan aku.Bismillah…mudah2an nilai akademik aku naik semua,jadi bagus2 daripada yg sekarang 😞 aamiin.Dan semoga bisa masuk kelas 8 unggulan lagi aamiin

  5. Makasih ya tipsnya, berguna banget lho! ^^

  6. Thx Baget Yah…………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: