Book Review : Unearthly – Cynthia Hand

 

8968253

Judul Buku : Unearthly (Unearthly #1)
Penulis : Cynthia Hand
Penerbit – Tahun Terbit : Ufuk (Indonesian version) – 2011/2013
Harga : Rp 59.900 (Gramedia price)
Jumlah Halaman : 509 halaman

Synopsis

Clara Gardner baru tahu kalau dirinya keturunan malaikat. Namun, memiliki sebagian darah malaikat bukan berarti membuatnya lebih pintar, lebih kuat, lebih cepat daripada manusia biasa. Hanya saja, kini dia memiliki tujuan, sesuatu yang harus dia lakukan di dunia ini.

Penglihatannya tentang kebakaran hutan hebat dan orang asing yang menawan membawanya ke sekolah baru di kota lain. Ketika bertemu Christian, yang ternyata adalah pemuda impiannya, semuanya tampak normal. Lalu, muncul lelaki lain, Tucker, yang juga menarik hatinya. Akan tetapi, ketika sedang mencoba mencara jalan di dunia yang tidak bisa dipahaminya ini, Clara berhadapan dengan mara bahaya Tak Kasat Mata dan berbagai pilihan yang harus dibuatnya-antara kejujuran dan pengkhiatanatan, cinta dan tugas, baik dan jahat. Saat sesuatu yang mengerikan dari penglihatannya akhirnya terjadi, apakah Clara siap menghadapi takdirnya?

Unearthly adalah sebuah kisah menyentung tentang cinta dan takdir, serta perjuangan antara mengikuti peraturan dan mengikuti kata hati.

Benar-benar memukau.

Salah satu buku yang paling membuatku ketagihan.

-Richelle Mead, Penulis Vampire Academy

Sebuah kisah memilkat tentang takdir, keluarga, dan cinta pertama. Unearthly mencuri napas dan hatiku.

-Kimbery Derting, Penulis The Body Finder

Well, kuceritakan dulu bagaimana aku bisa terpikat dengan buku ini. Sebenarnya, pertama kali melihat buku ini di Goodreads recommendations. Berdasarkan kesukaanku terhadap genre Young Adult. Dan harus kuakui, plot goodreads nya mampu membuat hatiku luluh. Tapi saat itu, aku sedang fokus membaca insurgent. Jadi, aku dengan cepat melupakan Unearthly dan tidak jadi mencarinya.

Weekend kemarin tepatnya hari Sabtu. Aku dengan mamiku jalan-jalan ke Karawaci. Aku teringat teman seselera (suka Divergent series) bilang bahwa sequel,book #3 dari Insurgent-Divergent #2, udah keluar. Lantas aku segera menuju ke Gramedia. Dan ternyata belum ada di Indonesia, heartbreaking banget. Tadinya, aku berpikir bakal pulang dengan tangan hampa, tiba-tiba mami muncul terus bertanya, “Udah dapat Allegiant-nya?” . Yah, aku pun berkata, “Belum ada terjemahannya mi. Di Indonesia, belum didistribusikan.”. Mau bagaimana lagi?. “Oh, yaudah. Cece gak mau beli buku buat liburan?”. Nah, betul juga. Liburan kali ini aku belum ada stock novel lagi, kecuali Bliss dan The Shadows, tapi aku sedikit bosan karena aku lebih suka Young Adult daripada Teenager. Sedikit melebihi umurku sebenarnya Young Adult itu, kalau secara umur ya harusnya Teenager genre. Akhirnya mulai deh memutar kepala ke sana ke mari mencari buku bagus. Tiba-tiba, di dekat buku Divergent, ada Unearthly. Waduh. Tanpa melihat buku-buku lainnya. Aku putuskan beli buku Unearthly itu, lumayan terjangkau dibandingkan dengan harga Divergent series, hanya sekitar Rp 59.900. Tadinya ingin beli yang lain, tapi aku di rumah kan masih ada Bliss dan The Shadows. Lagipula ingin fokus sama Unearthly.

Hanya dengan kurun waktu kurang dari 3 hari. Buku dengan tebal 509 halaman itu, sudah kuselesaikan. Dan sekarang pengganguran, jadi aku nulis book review tentang unearthly deh seperti yang kaubaca ini. Oke, balik ke cerita nya!

3 Karakter Utama 

Clara Gardner – Gadis keturunan malaikat (di series buku selanjutnya, diceritakan bahwa Ayah Clara seorang Intangere, 100% Malaikat yang mengakibatkan ia bukan Quartarius, 1/4 malaikat melainkan Triplare, 3/4 Malaikat) yang terjebak dalam keharusan memenuhi tujuannya yang menunjukkan kepingan-kepingan tujuannya tersebut dalam berbagai penglihatan. Ia jatuh cinta dengan Christian Prescott, pria dalam penglihatannya. Namun, Tucker Avery, seorang pria koboy rodeo juga mencintainya. Dengan kepergian Christian untuk beberapa waktu, ia dan Tucker mulai mendekat dan saling jatuh cinta bahkan Clara hampir melupakan Christian. Akhirnya, ia pun terjebak dalam cinta segitiga yang diselingi tujuannya yang berhubungan dengan Christian. Ia juga terjebak dalam masalah dengan Black Wings, terutama Saamjeza seorang Black Wings yang mencintai ibunya, Maggie.

Christian Prescott – Pria keturunan malaikat (dengan sayap putih berbintik hitam, mungkin diakibatkan karena Ayahnya seorang Black Wings, sama seperti Clara ia seorang Triplare) , mantan pacar Kay Patterson. Saat, ia mulai mencintai Clara. Ia harus pergi untuk sementara, sehingga hampir merobek seluruh cintanya dengan Clara dimana Clara mulai dekat dengan Tucker selama ia pergi dan berpacaran dengan Tucker pada akhirnya. Mereka mendapatkan penglihatan dan tujuan yang hampir sama yang mereka kira adalah saling menyelamatkan dalam kebakaran hutan. Namun, akhirnya berbeda dari yang mereka kira.

Tucker Avery – seorang pria biasa yang bekerja dengan rodeo. Ia berpakaian layaknya koboy dengan kuda kesayangannya, Midas. Ia memiliki kembaran, Wendy yang merupakan salah satu sahabat Clara selain Angela (Angela, sahabatnya yang seorang keturunan malaikat juga). Tucker mencintai Clara begitu juga dengan Clara. Dalam Unearthly, diceritakan hubungan mereka yang sangat dekat. Namun dalam series selanjutnya, menurut yang kudengar semuanya seperti terbalik dalam kata lain Clara diceritakan sangat dekat dengan Christian dan bukan Tucker. (Ini yang kutunggu sebenarnya!)

Are you part of “Team Tucker or Team Christian”?

Pastilah dengan membaca Unearthly, tidak lepas dari kedua hal diatas. Aku sendiri sebenarnya, Tema Christian! Entahlah, aku merasa walaupun cinta Clara begitu besar terhadap Tucker. Tapi aku yakin Christian adalah takdir Clara. Jika Tuhan sudah berkehendak, why not? *evil laughs.

Posted on June 21, 2013, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: